Wednesday, April 19, 2017

REAGEN DAN STRATEGI SINTESIS TOTAL SENYAWA ORGANIK TERHALOGENASI




Sintesis kimia adalah kegiatan melakukan reaksi kimia untuk memperoleh suatu produk kimia, ataupun beberapa produk. Hal ini terjadi berdasarkan peristiwa fisik dan kimia yang melibatkan satu reaksi atau lebih. Sintesis kimia dimulai dengan pemilihan senyawa kimia yang biasa dikenal dengan sebutan reagen atau reaktan. Sementara itu, sintesis organik adalah konstruksi molekul organik melalui proses kimia. Molekul-molekul organik sering memiliki tingkat kompleksitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan senyawa-senyawa anorganik, oleh karena itu sintesis senyawa-senyawa organik telah berkembang menjadi salah satu aspek kimia organik yang paling penting. Ada dua bidang penelitian dalam bidang kimia organik secara umum sintesis total dan metodologi.
Dibandingkan dengan sintesis senyawa anorganik, sintesis senyawa organik jauh lebih sukar. Mulanya kimia organik dari sintesis urea CO(NH2)2 (suatu senyawa organik umum) dengan memanaskan amonium sianat (senyawa anorganik). Siklus urea (disebut juga siklus ornithin) adalah reaksi pengubahan amonia (NH3) menjadi urea ((NH2)2CO). Didalam tubuh, reaksi kimia ini sebagian besar terjadi di hati dan sedikit terjadi di ginjal. Hati menjadi pusat pengubahan amonia menjadi urea terkait fungsi hati sebagai tempat menetralkan racun. Urea adalah senyawa organik yang tersusun dari unsur karbon, hidrogen, oksigen dan nitrogen dengan rumus  (NH2)2CO. Senyawa ini adalah senyawa organik sintesis pertama yang berhasil dibuat dari senyawa anorganik. Berikut mekanisme reaksi pembentukan urea :



Sintesis Total
Pada abad 19 sintesis senyawa organik pertama dilakukan oleh Kolbe dengan berawal dari karbon dan sulfur, seperti pada reaksi berikut :

Sintesis total merupakan sintesis kimia lengkap senyawa kimia organik yang komplek dari molekul yang simpel (sederhana) tanpa bantuan proses biologi. Total sintesis merupakan proses modifikasi senyawa sederhana yang sudah tersedia di laboratorium untuk menghasilkan senyawa yang diinginkan. Total sintesis ini bertujuan untuk memproduksi serta memperbanyak senyawa-senyawa yang dibutuhkan oleh makhluk hidup yang dilakukan di laboratorium.
Bahkan dalam sintesis organic modern, strategi sintesis yang mirip telah diaplikasikan dalam sintesis asam amino :

Adapun contoh penggunaan dalam sintesis total yaitu Sintesis total Taksol Mukaiyama (konstruksi cincin B). Mukaiyama menggunakan reaksi ini pada sintesis total taksol (1999), reaksi pertama dengan ketena silil asetal dan magnesium bromida yang berlebih:

reaksi kedua dengan ligan kiral amina dan katalis garam triflat:


Selain itu, contoh sintesis total natural products yaitu mensintesis cyclocymopol dengan memperhatikan tahapan sintesis, reagen yag digunakan dan juga hasil yang didapat dari sintesis yaitu

Semakin lama, total sintesis senyawa bahan alam terus berkembang dan menjadi bagian penting dalam bidang kimia organik. Dan dikenal suatu senyawa organohalide. Ahli kimia sintetis saat ini memiliki alat untuk mudah mengakses banyak dari produk alami, termasuk yang dengan cincin aromatik terhalogenasi (misalnya russuphelol, 3), halida primer (yaitu convolutamydine B, 5), atau atom halogen berdekatan dengan karbonil (Yaitu cavernicolin 1, 7). 

Sumber
http://rauansfendi.blogspot.co.id/2010/01/sintesis.html



28 comments:

  1. Pada sintesis cyclocymopol hasil rendemen yang diperoleh itu sekitar berapa persen dan memakai reaksi apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rendemen disini tentu bergantung pada bagaimana senyawa itu disintesis, sehingga saya tidak bisa memastikannya.

      Delete
  2. maaf saya ingin tahu peranan TBCO pada reaksi sintesis cyclocymopol itu apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. TBCO juga sebagai pengikat Hidrogen yang telah disubstitusi oleh Br

      Delete
  3. Apa yang dimaksud dengan senyawa organohalide ? Tolong jelaskan !

    ReplyDelete
    Replies
    1. organohalide (organohalides jamak) (kimia organik) Sebuah halida organik, senyawa organik yang mengandung satu atau lebih atom halogen disubtitusi.

      Delete
  4. Bagaimana cara kita untuk memilih regen yang paling tepat untuk digunakan pada saat proses sintesis suatu senyawa dari baham alam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu dengan memahami fungsi reagen serta sifatnya, dan perlu diketahui bahwa reagen juga memiliki fungsi yang spesifik

      Delete
  5. Jenis senyawa bahan alam yang bagaimana agar dapat disintesis? dan senyawa apa yang dapat menghasilkan rendemen yang besar dalam proses sintesis total senyawa bahan alam terhalogenasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memiliki tingkat kompleksitas tinggi, dan memiliki efektivitas untuk dikembangkan

      Delete
  6. Reagen apa ya yang sesuai utk sintesis total senyawa terhalogenasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara umum reagen yang digunakan yaitu menyesuaikan senyawa yang akan disintesis

      Delete
  7. apa yang menyebabkan suatu senyawa bahan alam terhalogenasi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang menyebabkannya yaitu senyawa alam yang tersubstitusi oleh unsur halogen

      Delete
  8. Bisa tolong jelaskan apakah reagen disini khusus dan spesifik untuk tiap senyawa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, untuk sintesis ini reagen yang digunakan spesifik

      Delete
  9. Kita ketahui bahwa untuk sintesis urea menggunakan amonia berlebih. Bagaimana jika amonia yang digunakan dalam jumlah yg kecil, apakah bisa dilakukan sintesis urea?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan bisa, namun yield yang dihasilkan tentu tidak sebaik seperti penggunaan amonia berlebih

      Delete
  10. bagaimana cara kita menentukan senyawa tersebut yang ada di laboratorium atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, senyawa apa yang anda maksud disini ?

      Delete
  11. apakah yang dimaksud dengan senyawa yang terhalogenasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaitu senyawa alam yang tersubstitusi oleh unsur halogen, senyawa dapat dilakukan reaksi halogenasi halogen yang bermuatan positif

      Delete
  12. sebutkan contoh reagen yang digunakan dalam sintesis bahan alam terhalogenas

    ReplyDelete
  13. senyawa organohalide.apa itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. organohalide (organohalides jamak) (kimia organik) Sebuah halida organik, senyawa organik yang mengandung satu atau lebih atom halogen disubtitusi.

      Delete
  14. mengapa sintesis total perlu dilakukan pada senyawa organik ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebab, kebutuhan senyawa hasil sintesis senyawa organik sangat dibutuhkan saat ini

      Delete