Monday, November 21, 2016

GUGUS  FUNGSI


            Gugus fungsi adalah atom atau kelompok suatu atom dalam molekul yang menentukan ciri khas dari suatu deret kimia karbon atau sifat suatu senyawa.  Gugus fungsi ini merupakan atom,  pada gugus fungsi dalam senyawa hidrokarbon terbentuk ikatan rangkap selain atom karbon dan atom hidrogen.  Adapun bagian-bagian dari molekul yang hanya terdiri dari atom karbon dan hidrogen saja serta hanya mengandung ikatan tunggal saja disebut gugus-gugus non fungsional. Senyawa karbon turunan alkana adalah senyawa karbon yang dianggap berasal dari senyawa alkana yang satu atau lebih atom H-nya diganti dengan atom atau gugus atom lain, yakni gugus fungsi. Misalnya etana (C2H6) memiliki deret homolog alkana, dan satu atom H-nya digantikan dengan gugus alkohol (—OH) maka menjadi C2H5OH. Sehingga, hal tersebut akan berdampak pada perubahan sifat senyawa (fisis dan kimia) dari etana ke etanol. Dalam hal ini, senyawa turunan alkana dapat dikelompokkan berdasarkan keisomeran fungsinya alkohol, eter, aldehida, keton, asam karboksilat, ester , dan haloalkana merupakan isomer-isomer fungsi yang mempunyai rumus kimia sama, tetapi dengan gugus fungsi yang berbeda. Dapat dikatakan bahwa gugus fungsi akan membuat sifat dan struktur alkana berubah, namun masih pada deret homolog yang sama. 

ALKOHOL
            Pada alkohol gugus fungsi yang terbentuk adalah gugus hidroksil –OH. Berdasarkan nama IUPAC alkohol merupakan suatu turunan alkana yang disebut alkanol urutan alkana dengan mensubstitusi satu atom H dengan gugus –OH. Untuk penamaan -na dirubah menjadi -nol.. Alkanol dapat dibedakan menjadi monoalkohol (-ol) yang memiliki 1 gugus –OH, dan polialkohol dengan lebih dari 1 gugus –OH dan seterusnya. Merupakan kelompok senyawa karbon yang memiliki gugus fungsi hidroksil (-OH) dengan rumus umum R-OH atau CnH2n+1OH.


ETER
            Pada eter merupakan senyawa karbon dengan gugus fungsi –OR’ (alkoksi). Eter berasal dari senyawa alkana disebut alkoksialkana. Alkoksialkana dianggap berasal dari substitusi satu atom H pada alkana dengan gugus –OR. Sebutan alkoksi alkana pada eter berdasarkan aturan IUPAC, hal tersebut karena merupakan sebagai turunan alkana, yang memiliki rumus umum R-O-R’ atau CnH2n+2O. Bila R=R’ disebut eter sederhana, sedangkan bila R bukan R’ disebut eter majemuk. R dan R' merupakan alkil.  Struktur alkoksialkana juga dapat dilihat sebagai suatu atom O yang diapit oleh dua gugus alkil, R dan R’, yang dapat sama atau berbeda.


ALDEHIDA 
            Aldehid merupakan singkatan dari alkohol dehidrogenatus. Pada aldehida, gugus  –CO– berada diujung rantai terikat ke suatu gugus alkyl R dan suatu atom H sehingga dikatakan aldehida memiliki gugus fungsi – CHO. Sedangkan pada keton, gugus –CO– ada di tengah rantai terikat ke dua gugus alkyl, R dan R’. Senyawa ini dianggap turunan dari alkana sehingga disebut alkanal dan mempunyai rumus umum CnH2nO. Aldehid dapat diperoleh dengan jalan oksidasi alkohol primer. untuk tatanama yaitu akhiran -na ditambahkan -l menjadi -nal. Struktur alkanal juga dapat ditulis sebagai suatu gugus alkyl (R) yang mengikat gugus – CHO.




KETON 
            Keton termasuk kedalam senyawa karbonil (-C=O). Keton adalah senyawa karbon yang mengandung gugus fungsi –CO- yang terikat pada dua gugus alkil R dan R’. Senyawa ini dianggap turunan dari alkana sehingga disebut alkanal dan mempunyai rumus umum CnH2nO. Seperti halnya eter, R yang sama dengan R’ disebut katon sederhana, sedangkan R yang tidak sama dengan R’ disebut keton majemuk. R dan R' merupakan alkil. Keton yang dianggap berasal dari senyawa alkana disebut alkanon.


ASAM KARBOKSILAT
            Gugus fungsi pada asam karboksilat adalah gugus karboksilat –COOH, dan pada ester gugus (-COOR’). Asam karboksilat adalah senyawa karbon yang mengandung gugus fungsi karboksil –COOH yang terikat ke suatu gugus alkil R. Gugus –COOH bersifat kompleks karena terdiri dari suatu gugus hidroksil –OH seperti halnya alkohol dan gugus karbonil –CO- seperti aldehida dan keton. Asam karboksilat yang dianggap berasal dari senyawa alkana disebut asam alkanoat. Asam alkanoat dapat mengandung lebih dari satu gugus –COOH, yakni asam alkanadioat yang mengandung 2 gugus –COOH, asam alkanatrioat yang mengandung 3- gugus –COOH, dan seterusnya. Gugus karboksilat (-COOH) merupakan gabungan dari gugus karbonil dan hidroksil.  Asam karboksilat dapat mengandung lebih dari satu gugus –COOH, dua diantaranya adalah asam alkanadioat yang mengandung 2 gugus –COOH dan asam alkanatrioat yang mengandung 3 gugus –COOH. Asam karboksilat adalah asam organik yang diidentikkan dengan gugus karboksil. Garam dan anion asam karboksilat dinamakan karboksilat. Asam karboksilat merupakan senyawa polar, dan membentuk ikatan hidrogen satu sama lain. Dalam larutan Asam karboksilat merupakan asam lemah yang sebagian molekulnya terdisosiasi menjadi H+ dan RCOO-.


ESTER 
            Ester adalah senyawa karbon yang mengandung gugus fungsi –COO- yang terikat pada dua gugus alkil, R dan R’. Ester yang dianggap berasal dari senyawa alkana disebut alkil alkanoat. Memiliki rumus umum CnH2nO2 atau R-COO-R’. Nama IUPAC dari ester adalah alkil alkanoat. Kebanyakan senyawa ester berbau harum, karena itu banyak digunakan sebagai pengharum. Ester dibuat dari asam dan alkohol melalui reaksi esterifikasi yang berupa reaksi setimbang.



HALOALKANA
            Haloalkana mempunyai rumus struktur yang sama dengan alkana, hanya satu atau lebih atom H-nya diganti dengan atom halogen (X = F,Cl,Br,I). Haloalkana disebut juga alkil halida. Atom halogen ini menggantikan posisi atom hidrogen. Haloalkana dapat mengalami reaksi hidrolisis menjadi alkohol. Haloalkana dapat dibedakan menjadi monohaloalkana yang memiliki 1 gugus –X, dan polihaloalkana dengan lebih 1 gugus –X. Senyawa organohalogen memiliki rantai utama hidrokarbon (alifatik dan aromatik) dengan gugus fungsi halogen (F, Cl, Br, I). Rumus umum haloalkana sama dengan rumus alkana yang salah satu atom H-nya diganti dengan atom halogen X: CnH2n+1. Berdasarkan jumlah atom H yang terikat pada atom C yang memiliki ikatan dengan atom halogen, maka haloalkana dapat dibedakan menjadi haloalkana primer, sekunder, tersier.



AMINA DAN AMIDA
            Amina (R-NH2) adalah gugus fungsi yang namanya diambil dari rantai alkana yang mendapatkan imbuhan "-amina" (contoh: Metil amina). Imbuhan di depan adalah "amino-". Untuk amina sekunder (rumus umum R-NH-R), rantai karbon terpanjang akan terhubung dengan atom nitrogen dan menjadi nama utama amina tersebut, rantai yang lainnya dinamai dengan gugus alkil, lokasi gugus yang berikatan dengan gugus fungsi diberi huruf miring N: CH3NHCH2CHdisebut dengan N-metiletanamida. Amina adalah senyawa organic yang mengandung atom nitrogen trivalent yang mengandung atom nitrogen trivalen yang berkaitan dengan satu atau dua atau tiga atom karbon, dimana amina juga merupakan suatu senyawa yang mengandung gugusan amino (-NH2, - NHR, atau – NH2). Gugusan amino mengandung nitrogen terikat, kepada satu sampai tiga atom karbon (tetapi bukan gugusan karbonil). Apabila salah satu karbon yang terikat pada atom nitrogen adalah karbonil, senyawanya adalah amida, bukan amina.

Amida (R-CO-NH2) diberi tambahan kata "-amida", atau "-karboksamida" jika karbon di dalam gugus amida tidak termasuk dalam rantai utama. Imbuhan kata di depan biasanya diberi kata "karbamol-" dan "amido-". Amida sekunder dan tersier juga dinamai sama dengan amina: ranai alkana yang terhubung dengan atom nitrogen diperlakukan sebagai substituen dengan letak gugus alkil diberi prefiks N: HCON(CH3)2 disebut N,N-dimetilmetanamida.

Sumber :


6 comments:

  1. Terima kasih atas materinya yang sangat bermanfaat sekali, apakah amina dan amino itu mempunyai gugus fungsi yang sama mohon dijelaskan ?

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sangat Informatif mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat kakak 😊 mohon kritik dan saran untuk kedepannya yaa kak

      Delete
  3. Terima kasih ilmunya. saya ingin bertanya,adakah perbedaan sifat gugus fungsi pada seyawa siklik dan nonsiklik?

    ReplyDelete
  4. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete